15 November 2011

Anggaran Belanja Bulanan – Hemat Atau Boros

Aku tinggal di kota kecil yang tidak begitu ramai, tetapi sangat menyenangkan. Menyenangkan karna aku tinggal bersama seorang suami yang baik hati, anak yang manis dan mengemaskan. Meskipun rumah perumnas yang hanya bisa buat selonjorang kata orang-orang.....tapi Alhamdullilah rumah yang nyaman dan sudah lunas pada dua tahun lalu.

Semalam main kerumah PakDe, ternyata ada tantangan buat Anggaran belanja bulanan. Wahh kalau yang ini emang udah kerjaanku..bisa di bilang dari zaman gak enak sampai gak enak juga, aku selalu melakukan ini.

Apa-apa yang menjadi kebutuhan dan biaya tak terduga selalu masuk dalam catatanku....jadi selalu ada perbedaan di setiap bulannya. Kadang biaya meningkat , dan kadang menurun. Hal ini sudah aku lakukan sejak aku belum lagi menikah. Sampai-sampai temenku suka bilang...mb mul..mb mul, masih juga nyatet ginian.

Anggaran Belanja Bulanan Versi Ibu Dini.

1. Untuk Listrik 1.300 V, setiap bulannya suka beda kadang mahal kadang murah tapi aku ambil tengahnya aja..Rp. 120.000.

Terdiri dari :


- Kulkas
- 1 buah komputer
- 2 buah TV 21 Inci dan 14 Inci, Aktif di pagi hari, malam hari, sabtu dan minggu
- Lampu aktif dari sore hingga pagi ( ruang keluarga, kamar, teras depan dan samping, dapur).
- Nyetrika 1 minggu sekali.
- 2 kipas angin aktif di malam hari
- 1 hari sekali menghidupkan mesin air
- 1 buah PS dan 1 buah komputer Tutor ( untuk yang ini jarang-jarang di aktifkan ).


2. Belanja di warung Rp. 450.000

- Beras 1 bulan 8 kilo untuk saya, suami dan anak. Terkadang dapat beras jatah dari Pak RT untuk 5 kilo Rp. 28.000.
- Macam-macam sayur, cabe, bawang, minyak makan, sabun mandi, odol, deterjen cuci baju dan cuci piring, shampo, kadang ikan juga ayam, susu kaleng, sari wangi, gula dll.

( Kebetulan bayarnya tiap bulan, jadi ambil barang ...gajian baru bayar hehehheh ).

3. Biaya Katring Rp. 200.000

- Katring biasanya kalau lagi malas masak, jadi makan siang suka katring.

4. Biaya penitipan Dini Rp. 350.000

5. Biaya SPP Dini Rp. 65.000, Jemputan Rp. 40.000, SPP mengaji Rp. 15.000 = Rp. 120.000

6. Tabungan Dini setiap hari di sekolah Rp. 5.000 x 26 hari = Rp. 130.000.

7. Pulsa Rp. 115.000

- Internet Rp. 35.000 ( jarang-jarang ).
- Hp untuk berdua kurang lebih Rp. 80.000

8. Arisan bulanan , simpanan koperasi , kas dan konsumsi di Dasa Wisma Rp. 343.000

9. Minyak motor setiap bulan kurang lebih Rp. 160.000

10. Gas untuk 3 kilogram tiap bulannya 1 tabung Rp. 15.000

11. Uang sampah Rp. 10.000, Kas RT Rp. 2.000, Biaya kematian Rp. 2.000 = Rp. 14.000

12. Biaya tidak terduga , biasanya untuk jajan dini, jajan di luar , undangan, sumbangan , sakit, oli motor, infak dll Rp. 500.000 ( ini juga tidak aktif masih bersifat jarang-jarang ).

Jadi total keseluruhan untuk Anggaran belanja bulanan versi IbuDini sebesar Rp. 2.517.000.


Biaya ini terkadang bisa lebih rendah dan kadang meningkat. Seperti bulan-bulan sebelumnya musti bayar kriditan kendaraan Rp. 1.034.000 dan Arisan Rp. 1.000.000. Tapi Alhamdullilah semua sudah terlewati. Sekarang sedang memulai lebih hemat lagi namun tidak mengurangi Gizi makanan. Karna sedang meningkatkan menabung untuk kelahiran anak dan Dini masuk sekolah.

Untuk air kami menggunakan air sumur sendiri jadi tidak ada biaya PDAM, sementara rokok suami, beliau membelinya tidak menggunakan uang Anggaran belanja , melainkan jika mendapatkan uang sampingan. Nah kadang sekali-kali kami juga di traktir buat makan di luar. Jadi tidak termasuk dalam anggaran. Kalau gak ada uang samping maka tidak ada rokok. Terkadang biaya bensin juga berkurang dari anggarana bila si ayah dapat uang samping.

Hidup boros sangat tidak baik, sementara hidup hemat sangat di perlukan. Namun tidak mengurangi untuk tetap berbuat kebaikan. Hemat tapi sisihkan sedikit untuk yang memerlukan. Inilah bayangan dari Anggaran Belanja Bulanan IbuDini yang terkadang pas dan terkadang suka lebih. Menurut sahabat Apakah ini termasuk Hemat atau Boros.

Terimakasih.


Artikel ini diikutsertakan ada Kuis Anggaran Belanja Bulanan di BlogCamp.




19 komentar:

Lina Marliana mengatakan...

Wah, bagus banget mb.. masih konsisten ngerjain hal ini.. dulu aku juga gitu, tapi sok angin2an.. kadang dilakuin, kandang engga.. terakhir2, banyak enggaknya..hehehe..
Akhirnya blm sampe akhir bulan gaji habis, baru mikir.. wah, kmren habis buat apa aja yah ? nah lho.. :))
Btw, lagi hamil anak kedua yah mb ? semoga kelak bisa melahirkan dengan lancar, selamat dan sehat yah mb.. Amin..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

sip sip..gak mudah lho bikin catatan gini. hehee

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kalo di Jakarta pasti lebih mahal lagi, sis

Nia mengatakan...

wahh enak yach pake air sumur....jadi hemat ngga ahrus bayar air PAM heheh.....sukses utk kontesnya

21inchs mengatakan...

Listrik 1300 hanya bayar Rp. 120.000?
Murah banget tuch, di saya aja paling kecil Rp. 150.000
Gak pake mesin cuci ya bu?

Gas 1 bulan pake tabung kecil?
agak imposible kayaknya ya...

Mulyani - Ibunya Dini mengatakan...

Lina : makasih...

Fanny : iya..kadang juga suka lewat sih

Nia : iya mom..air sumur sendiri

21inchs : bener itu emang tagihan gak di rekayasa...terkadang bisa murah kalau pemakaian hemat bisa 100 rb malah pernah 96.000.
Tidak menggunakan mesin cuci...belum kepingin aja.
Kami suami istri bekerja, jadi kalau dirumah hanya malam hari. jadi jarang masak..masaknya paling hari sabtu dan minggu..lebih suka katring lauk 1 porsi 12.000.

Pake Cholik mengatakan...

Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
Saya catat sebagai peserta
Terima kasih atas partisipasi sahabat.
Salam hangat dari Bojonegoro

alaika abdullah mengatakan...

wah mba.... listrikmu hemat banget.... jadi ngiri.. saya ngekost,cuma satu kamar doank, tapi biaya listrik 300 ribu sebulannya, padahal hanya untuk pemakaian 1 kulkas, 1 AC dan sebuah TV 21 inchi, plus rice cooker yang masaknya sehari sekali... hiks...hiks.

M A Vip mengatakan...

ada saja pakde satu ini, anggaran belanja dikorek-korek, tapi semoga saja manfaat deh.

HALAMAN PUTIH mengatakan...

sebagai menteri keuangan keluarga harus tahu penggunaan anggaran untuk apa saja, jangan sampai nanti dipanggil kepala keluarga dan ditanya tidak tahu jawabnya.

Nchie mengatakan...

Hmm..anggaran belanja ya..
wah dapet contekan dari budhe Ipung ya..
aku belom dapet Bu..

Mama kinan mengatakan...

wah ada kontes di tempat pak dhe cholik tho mbak walah lama tak bw, karena ribet ditempat kerja...segera meluncur lah kesana..
wah rinci banget nieh mbak..iya kan aku udah punya formatnya soale tiap bulan itung itungan, kenapa tidak ikutan yo..nanti tak tanya ayah kinan dulu boleh nggak dishare di blog kalo nggak boleh yo wis gak jadi...ikutan..
semoga sukses kontesnya yah mbak...:)

puteriamirillis mengatakan...

makasih ya infonya mbak...^^

Zulfadhli's Family mengatakan...

Waaahhh ternyata semua orang lagi nulis anggaran rumah tangganya yah. Okeh deh Mba, moga2 menang yah :-)

Apa kabar ka Dini? Maap neh Bun lama ga maen dimari. Ini ajah mumpung Double Zee masih kebo emaknya langsung heboh nancepin modem & kelayapan ke rumah tetangga

Psssttt, baru dari rumah Mba Dewi dan katanya gagal yah KopDarana ama Om NH? hehehe, bagus KopDaran di Miri ajah Jeng biar kita bisa ketemuan

mabrurisirampog mengatakan...

banyak yang lagi itung2an,
semoga sukses bu... :D

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

biaya internetnya murah ya bun:) beda sama aku yang lumayan gede

Bang Pendi mengatakan...

wah, lengkap nih. Klo dilihat2 kayaknya ga jauh beda sama pengeluaran emak dirumah...hehe

meilya dwiyanti mengatakan...

Ibu dini rajin ya, saya enggak pernah nyatet nyatet pengeluaran dan pemasukan ... hehehhe bisa dicontoh niih ibu dini..

Eko Marwanto mengatakan...

untuk lebih menghemat ka, saat ini terdapat official promo dan diskon produk unilever di alfacart, kita bisa liat di Promo Belanja Bulanan Produk Unilever 2017

Posting Komentar

Sangat berterima kasih sekali bila sahabat mau meninggalkan pesan di postingan ini.
Semoga kita selalu dalam keadaan Sehat Walafiat....Amin..