8 November 2011

Hewan Kurban & Hari Raya Haji

Meskipun sudah lewat pada hari H , tapi hari ini aku masih ingin menceritakan tentang Hewan Kurba yang di adakan di tempat tinggalku.

Alhamdullilah tahun ini ada 6 ekor sapi yang menjadi korban, ups...hewan kurban. Sementara di tg pinang , kampungku ada 5 ekor sapi yang di kurbankan. Alhamdullilah sekali...semoga amal ibadah mereka yang berkurban mendapatkan rahmat dan selalu diberikan rejeki yang melimpah.

Alhamdullilah juga, setiap tahunnya untuk pembagian daging kurban di tempatku berjalan lancar dan adil.
" Kenapa aku bilang begitu", ...karna bisa di bilang setiap hari raya Idul Adha aku selalu merayakannya di kampung halaman. Tapi aku selalu mendapat jatah kurban dari tempat tinggalku.

Bu Rt selalu memberi info, tentang kupon..bila aku tidak ada maka daging kurban akan disimpanya dan begitu kami kembali daging tersebut di berikan kepada kami. Dan untuk yang tidak mendapatkan kupon juga di beri tahu agar melapor ke Rt setempat...karna itulah mengapa aku bilang pembagian Daging kurban di tempatku adil dan merata.

Ada pertanyaan dari beberapa teman :

Kenapa aku selalu melilih pulang ke pinang di saat Idul Adha, karna setiap Idul Fitri aku selalu sholat di tempat tinggalku..kasihan kalau mau meninggalkan ibu mertua. Jadi kalau Idul Adha..ibu mertua akan mengizinkan aku, di samping itu juga Orang tua angkat kami sedang merayakan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Haji. Itulah kenapa aku selalu pulang ke pinang...tapi tidak untuk tahun ini, karna cuaca dan Dini sedang tidak sehat.

****

Kata orang Hari Raya Haji adalah hari rayanya para orang-orang yang sudah naik Haji..itu kata banyak orang. Tapi meksipun begitu kita semua merayakan hari raya Idul Adha ya.

Aku punya sedikit cerita , di kampungku yang bisa dibilang Riau - Tanah Melayu kalau hari haya Haji apalagi bagi orang melayu yang tinggal di daerah pulau penyengat dan lainnya....hari raya Idul Adha itu lebih rame ketimbang hari Raya Idul Fitri.

Setiap rumah menyuguhkan kue-kue seperti hari raya Idul Fitri. Dan kebetulan di kampungku ada beberapa orang yang sudah pergi haji...jadi kami-kami tetangga selalu di undang untuk datang kerumah mereka. Karna mereka sedang berhari Raya. Terutama rumah kedua orang tua angkat kami, aslinya orang Melayu dan sudah Haji. Jadilah di setiap lebaran haji beliau selalu Open House untuk tetangga dan sanak saudara. Begitu juga rumah lainnya yang sudah naik Haji. Jadi bisa di bilang suasana kampungku seperti suasan Hari Raya Idul Fitri.

Ini hanya sedikit cerita tentang Hari Raya Haji di tempatku, mungkin beda di daerah sahabat....


Foto ini di ambil pada saat Idul Adha 1430 H, suasana Idul Adha di rumah kedua Orang Tua angkat kami.

Joko adik saya yang paling kecil
( Sedang menikmati Sate Ayam )


Keluarga kecil adik saya yang no 5

Lebaran Haji 1430H

Dibelakang , ruang tengah sama teras rame banget tamu-tamunya, jadi kami numpang narsis dulu di ruang tamu heheheh.

Selamat Hari Raya Idul Adha
Mohon Maaf Lahir dan Bathin

6 komentar:

amaq aziz mengatakan...

wah wah wah, slut ini sekeluarga kompak photo narsis. moga tahun depan saya bisa daftar haji, ya pak. ditunggu kunjungan baliknya

kazvampires mengatakan...

wahh bahagianya kumpul kumpul ^^

the others mengatakan...

Punya orang tua angkat juga to mbak? Baru tahu aku.. :)
Asyik juga punya banyak orang tua, ya?

catatan kecilku mengatakan...

Acara Hari Raya dibagi ya mbak? Idul Fitri dengan mertua dan Idul Adha bersama orang tua angkat.

Muhammad A Vip mengatakan...

hari raya iedul adha kata ulama ternyata hari raya yang utama bagi umat muslim, tapi di sini ternyata kalah sama hari raya iedul fitri.

Mulyani - Ibunya Dini mengatakan...

Hikmawan : iya...jadi malu

Kaz : betul

Mb Reni : iya mb..

Vip : Ya kalau di daerah saya terutama penyengat Idul adha lebih rame dari Idul Fitri

Posting Komentar

Sangat berterima kasih sekali bila sahabat mau meninggalkan pesan di postingan ini.
Semoga kita selalu dalam keadaan Sehat Walafiat....Amin..